Senin, 05 Mei 2014

EDISI REVISI REVIEW ARTIKEL "Manajemen dan Dukungan Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu"



EDISI REVISI
REVIEW ARTIKEL
Manajemen dan Dukungan Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu

Judul: Management and Support of Shared Integrated Library Systems
Pengarang: Vaughan, Jason; Costello, Kristen
Judul publikasi: Information Technology and Libraries
Volume: 30; Edisi: 2; Hal. 62-70 Tahun publikasi: Jun 2011
Penerbit: American Library Association, Chicago-United States

      A.    Rangkuman
Pada tahun 1989, Universitas Nevada Las Vegas (UNLV), khususnya perpustakaannya telah menyelenggarakan dan mengelola sistem perpustakaan terintegrasi atau Integrated Library Science (ILS). Perpustakaan UNLV ini memliki perpustakaan yang terintegrasi dengannya, yaitu Perpustakaan Hukum UNLV, Perpustakaan Collage of Southern Nevada, Nevada State Collage, dan Perpustakaan Desert Research Institute. Kelima perpustakaan terintegrasi tersebut dinamakan UNLVs. Sistem perpustakaan terintegrasi ini sudah berjalan selama dua dekade. Pada artikel penelitian ini, peneliti disambut baik dan didukung oleh institusi nya untuk melakukan penelitian, metode survei yang digunakan adalah komprehensif. Di dalam hasil penelitiannya peneliti mengkombinasikan dengan deskripsi praktek pada perpustakaan UNLV untuk melihat kerjasama, dukungan, dan kegiatan manajemennya dalam pelaksanaan perpustakaan terintegrasinya. Pada tahun 1989, belum dikenal sistem berbasis web, maka pada tahun 1999 dimulai lah sistem integrasinya adalah Interfaces Inovatif berbasis Platform Java.
Pada tahun 2001, UNLV dan seluruh perpustakaan terintegrasinya melakukan penilaian pada vendor yang menawarkan Interfaces Inovatif ke pelanggan akademik. Penilaiannya berupa penegasan kembali untuk membangun komitmen Interfaces Inovatif, pembaharuan perangkat keras, dan nota kesepahaman awal (MOU) yang telah ditandatangani oleh masing-masing kepala perpustakaan yang telah terintegrasi.
Pada bulan April 2010, penulis mengelola survei 20 - pertanyaan kepada Inovatif Users Group (IUG) melalui kelompok listserv. Survei ini difokuskan pada perpustakaan yang merupakan bagian dari ILS Inovatif consortial atau bersama. Pengguna Inovatif Group adalah kelompok pengguna utama yang terkait dengan ILS Inovatif dan suite produk. Survei ini terdiri dari pilihan ganda, pilih semua yang berlaku, dan pertanyaan respon teks bebas. Survei ini dibagi menjadi empat bidang topikal luas: (1) informasi latar belakang, (2) pendanaan , (3) dukungan, dan (4) pelatihan, pengembangan profesional, dan perencanaan.
  Pada survei pertama mengenai informasi latar belakang, dijelaskan penulis mengenai sistem pada perpustakaan UNLV yang telah terintegrasi, memahami bagaimana mitra menjalankan sistem secara mandiri meskipun pada platform bersama. Inovatif dan kemungkinan vendor ILS serupa lainnya, menawarkan beberapa produk untuk membantu perpustakaan yang lebih baik dalam mengelola dan mengendalikan kepemilikan dan akuisisi mereka. UNLV memiliki beberapa serial dan akuisisi unit serta beberapa lingkup konfigurasi untuk membantu  setiap bagian koleksi tertentu. Inovatif menawarkan berbagai tingkat dukungan pemeliharaan. Tingkat UNLVs  dukungan termasuk vendor menyediakan layanan,  seperti resolusi pemecahan masalah aplikasi, pembaruan perangkat lunak, dan beberapa derajat sistem operasi dan konfigurasi hardware serta saran. UNLVs juga kontrak dengan vendor perangkat keras untuk pemeliharaan hardware dan mendasari dukungan sistem operasi.
Penulis menjelaskan mengenai surveinya yang kedua adalah pendanaan, jadi sistem pendanaannya sudah tertera pada MOU yang telah disepakati antara perpustakaan (UNLVs) yang terintegrasi dengan vendornya. Dalam MOU tersebut dijelaskan biaya dukungan langsung dapat mencakup biaya dukungan pemeliharaan yang dibayarkan kepada satu atau lebih vendor, biaya vendor membuat modul tambahan perangkat lunak yang dibeli di samping dasar perangkat lunak, dan biaya perizinan yang terkait dengan database atau sistem operasi yang digunakan oleh ILS (misalnya, lisensi Oracle untuk sistem ILS berbasis Oracle). Selanjutnya survei Ketiga adalah survei mengenai dukungan. Di dalam dukungan terdapat dukungan dari staf yang terkait dengan pengelolaan ILS, bekerjasama dengan konsultan perpustakaan yang telah disediakan oleh vendornya, adapun tujuan utama dari adanya konsultan perpustakaan adalah berkomunikasi dengan rekan-rekan mengenai kemampuan sistem saat ini, memantau perkembangan vendor perangkat lunak, memantau bagaimana perpustakaan lain menggunakan sistem inovatif mereka, dan merekomendasikan perangkat tambahan.
Survei terakhir yang dilakukan penulis mengenai Pelatihan, Pengembangan Profesional, dan Perencanaan. Survei ini juga berfokus pada pelatihan, pengembangan profesional, dan kegiatan perencanaan terkait dengan ILS. Ada banyak metode yang dapat digunakan staf perpustakaan ILS. Sebagian besar metode pelatihan biasanya mencakup lokakarya atau tutorial online, serta tempat-tempat lain untuk pengembangan profesional, seperti kehadiran konferensi. Hasil survei menunjukkan bahwa perpustakaan menghargai berbagai kesempatan pelatihan, tanpa memandang status perpustakaan.

      B.     Kritik
Pada artikel ini , penulis ingin menjelaskan mengenai manajemen dan sistem integrasi terpadu dari perpustakaan Universitas Nevada Las Vegas (UNLV) dengan keempat perpustakaan yang terintegrasi. Adapun perpustakaannya adalah sebagai berikut Perpustakaan Hukum UNLV, Perpustakaan Collage of Southern Nevada, Nevada State Collage, dan Perpustakaan Desert Research Institute. Penulis melakukan survey untuk artikel ini dengan menggunakan metode komprehensif yaitu dengan cara membandingkan dari kelima perpustakaan tersebut.
Kekuatan yang dimiliki oleh artikel ini yaitu kesinambungan artikel yang berjudul “Manajemen dan Dukungan Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu” dengan isi artikelnya adalah sesuai. Dalam artikel ini, peneliti menjabarkan secara rinci penjelasan dari hasil survey penulis dengan responden-respondennya. Isi abstrak yang digambarkan pada awal artikel ini, cukup menjelaskan mengenai garis besar penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian pada artikel ini dipaparkan secara jelas, yaitu untuk mengetahui manajemen dalam pelaksanaan perpustakaan terpadu. Isu yang diangkat pada penelitian ini sesuai dengan judulnya. Mengenai referensi yang peneliti gunakan untuk menulis artikel ini sudah sesuai.
Dari kekuatan-kekuatan yang dijelaskan di atas, artikel ini juga memiliki kelemahan di dalamnya, yaitu pada artikel ini sudah jelas metode yang penulis gunakan adalah komprehensif atau membandingkan, akan tetapi penulis tidak menjabarkan secara rinci perbandingan sistem dan manajemen yang ada pada perpustakaan masing-masing yang telah terintegrasi, artikel ini hanya mengungkapkan presentase dan mengenai apa presentase tersebut, tidak disediaknnya conclusion pada akhir artikelnya, dan banyak kata-kata yang kurang dapat dipahami oleh saya pribadi sebagai pereview artikel ini.




REFERENCES ARTIKEL
Manajemen dan Dukungan Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu
References:
1.       Iason Vaughan, "A Library's Integrated Online Library System: Assessment and New
Hardware Implementation," Information Technology and Libraries 23, no. 2 (fune 2004): 50-57.
2.     Innovative Interfaces, "About Us: History," http: //www .iii.com/about/history.shtml
(accessed May 17, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar