EDISI REVISI
REVIEW
ARTIKEL
Manajemen
dan Dukungan
Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu
Judul: Management and Support of Shared Integrated Library Systems
Pengarang: Vaughan, Jason; Costello, Kristen
Judul publikasi: Information Technology and Libraries
Volume: 30; Edisi: 2; Hal. 62-70
Tahun publikasi: Jun
2011
Penerbit: American
Library Association, Chicago-United States
A.
Rangkuman
Pada tahun 1989,
Universitas Nevada Las Vegas (UNLV), khususnya perpustakaannya telah
menyelenggarakan dan mengelola sistem perpustakaan terintegrasi atau Integrated Library Science (ILS).
Perpustakaan UNLV ini memliki perpustakaan yang terintegrasi dengannya, yaitu
Perpustakaan Hukum UNLV, Perpustakaan Collage of Southern Nevada, Nevada State
Collage, dan Perpustakaan Desert Research Institute. Kelima perpustakaan
terintegrasi tersebut dinamakan UNLVs. Sistem perpustakaan terintegrasi ini
sudah berjalan selama dua dekade. Pada artikel penelitian ini, peneliti
disambut baik dan didukung oleh institusi nya untuk melakukan penelitian,
metode survei yang digunakan adalah komprehensif. Di dalam hasil penelitiannya
peneliti mengkombinasikan dengan deskripsi praktek pada perpustakaan UNLV untuk
melihat kerjasama, dukungan, dan kegiatan manajemennya dalam pelaksanaan
perpustakaan terintegrasinya. Pada tahun 1989, belum dikenal sistem berbasis
web, maka pada tahun 1999 dimulai lah sistem integrasinya adalah Interfaces
Inovatif berbasis Platform Java.
Pada tahun 2001, UNLV
dan seluruh perpustakaan terintegrasinya melakukan penilaian pada vendor yang menawarkan
Interfaces Inovatif ke pelanggan akademik. Penilaiannya berupa penegasan
kembali untuk membangun komitmen Interfaces Inovatif, pembaharuan perangkat
keras, dan nota kesepahaman awal (MOU) yang telah ditandatangani oleh
masing-masing kepala perpustakaan yang telah terintegrasi.
Pada bulan April 2010, penulis
mengelola survei 20 - pertanyaan kepada Inovatif Users Group (IUG) melalui
kelompok listserv. Survei ini difokuskan pada perpustakaan yang merupakan
bagian dari ILS Inovatif consortial
atau bersama. Pengguna Inovatif Group adalah kelompok pengguna utama yang
terkait dengan ILS Inovatif dan suite produk. Survei ini terdiri dari
pilihan ganda, pilih semua yang berlaku, dan pertanyaan respon teks bebas.
Survei ini dibagi menjadi empat bidang topikal luas: (1) informasi latar
belakang, (2) pendanaan , (3) dukungan, dan (4) pelatihan, pengembangan
profesional, dan perencanaan.
Pada
survei pertama mengenai informasi latar belakang, dijelaskan penulis mengenai
sistem pada perpustakaan UNLV yang telah terintegrasi, memahami bagaimana mitra menjalankan sistem secara mandiri meskipun pada platform bersama. Inovatif
dan kemungkinan vendor ILS serupa lainnya, menawarkan
beberapa produk untuk membantu perpustakaan yang lebih baik
dalam mengelola dan mengendalikan
kepemilikan dan akuisisi mereka. UNLV memiliki
beberapa serial dan akuisisi unit serta beberapa lingkup konfigurasi untuk membantu setiap bagian koleksi tertentu. Inovatif
menawarkan berbagai tingkat dukungan pemeliharaan. Tingkat UNLVs dukungan termasuk vendor menyediakan layanan, seperti resolusi pemecahan masalah aplikasi,
pembaruan perangkat lunak, dan beberapa derajat sistem operasi dan konfigurasi
hardware serta saran. UNLVs
juga kontrak dengan vendor perangkat keras untuk pemeliharaan hardware dan
mendasari dukungan sistem operasi.
Penulis menjelaskan mengenai surveinya yang kedua adalah
pendanaan, jadi sistem pendanaannya sudah tertera pada MOU yang telah
disepakati antara perpustakaan (UNLVs) yang terintegrasi dengan vendornya.
Dalam MOU tersebut dijelaskan biaya dukungan langsung dapat mencakup
biaya dukungan pemeliharaan yang dibayarkan kepada satu atau lebih vendor,
biaya vendor membuat modul tambahan
perangkat lunak yang dibeli di samping dasar perangkat lunak, dan biaya perizinan
yang terkait dengan database atau sistem operasi yang digunakan oleh ILS
(misalnya, lisensi Oracle untuk sistem ILS berbasis Oracle). Selanjutnya survei Ketiga adalah
survei mengenai dukungan. Di dalam dukungan terdapat dukungan dari staf yang terkait dengan pengelolaan ILS, bekerjasama dengan
konsultan perpustakaan yang telah disediakan oleh vendornya, adapun tujuan
utama dari adanya konsultan perpustakaan adalah berkomunikasi
dengan rekan-rekan mengenai kemampuan sistem saat ini, memantau perkembangan
vendor perangkat lunak, memantau bagaimana perpustakaan lain menggunakan sistem
inovatif mereka, dan merekomendasikan perangkat tambahan.
Survei terakhir yang dilakukan penulis
mengenai Pelatihan, Pengembangan Profesional, dan
Perencanaan. Survei ini juga berfokus pada pelatihan, pengembangan
profesional, dan kegiatan perencanaan terkait dengan ILS. Ada banyak metode
yang dapat digunakan staf perpustakaan ILS. Sebagian besar metode pelatihan
biasanya mencakup lokakarya atau tutorial online,
serta tempat-tempat lain untuk pengembangan profesional, seperti kehadiran
konferensi. Hasil survei
menunjukkan bahwa perpustakaan menghargai berbagai kesempatan pelatihan, tanpa
memandang status perpustakaan.
B.
Kritik
Pada artikel ini , penulis ingin menjelaskan
mengenai manajemen dan sistem integrasi terpadu dari perpustakaan Universitas
Nevada Las Vegas (UNLV) dengan keempat perpustakaan yang terintegrasi. Adapun
perpustakaannya adalah sebagai berikut Perpustakaan Hukum
UNLV, Perpustakaan Collage of Southern Nevada, Nevada State Collage, dan
Perpustakaan Desert Research Institute. Penulis melakukan survey untuk artikel
ini dengan menggunakan metode komprehensif yaitu dengan cara membandingkan dari
kelima perpustakaan tersebut.
Kekuatan yang dimiliki
oleh artikel ini yaitu kesinambungan artikel yang berjudul “Manajemen dan
Dukungan Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu” dengan isi artikelnya adalah
sesuai. Dalam artikel ini, peneliti menjabarkan secara rinci penjelasan dari hasil
survey penulis dengan responden-respondennya. Isi abstrak yang digambarkan pada
awal artikel ini, cukup menjelaskan mengenai garis besar penelitian yang
dilakukan. Tujuan penelitian pada artikel ini dipaparkan secara jelas, yaitu
untuk mengetahui manajemen dalam pelaksanaan perpustakaan terpadu. Isu yang
diangkat pada penelitian ini sesuai dengan judulnya. Mengenai referensi yang
peneliti gunakan untuk menulis artikel ini sudah sesuai.
Dari kekuatan-kekuatan
yang dijelaskan di atas, artikel ini juga memiliki kelemahan di dalamnya, yaitu
pada artikel ini sudah jelas metode yang penulis gunakan adalah komprehensif
atau membandingkan, akan tetapi penulis tidak menjabarkan secara rinci
perbandingan sistem dan manajemen yang ada pada perpustakaan masing-masing yang
telah terintegrasi, artikel ini hanya mengungkapkan presentase dan mengenai apa
presentase tersebut, tidak disediaknnya conclusion
pada akhir artikelnya, dan banyak kata-kata yang kurang dapat dipahami oleh
saya pribadi sebagai pereview artikel
ini.
REFERENCES
ARTIKEL
Manajemen
dan Dukungan
Bersama Sistem Perpustakaan Terpadu
References:
1.
Iason Vaughan, "A
Library's Integrated Online Library System: Assessment and New
Hardware
Implementation," Information Technology and Libraries 23, no. 2 (fune
2004): 50-57.
2. Innovative Interfaces,
"About Us: History," http: //www .iii.com/about/history.shtml
(accessed May 17, 2010).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar